08 Januari 2018 152 Administrator

Rektor Universitas Ekasakti-Akademi Akuntansi Indonesia (UNES-AAI), Andi Mustari Pide, me­lantik 376 wisudawan, Sabtu (26/11). Upacara wisuda berlangsung di Auditorium UNES-AAI dan dihadiri oleh Koordinator Ko­pertis Wilayah X, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang, para anggota senat, civitas akademika UNES-AAI, dan wisudawan be­serta orang tua.

Wisuda kali ini merupakan periode ke-48 bagi UNES dan ke-58 bagi AAI.

Rektor mengungkapkan bah­wa hingga wisuda kali ini, total UNES-AAI telah mewisuda 21.514 lulusan yang terdiri atas 13.089 sarjana, 399 magister hukum, 471 ahli madya komputer, dan 7.555 ahli madya akuntansi. Data ini, kata rektor, menunjukkan bahwa UNES-AAI telah mengambil peran dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengelolaan pen­didikan tinggi sebagaimana amanah UUD 1945.

“Fakta ini juga menunjukkan, UNES-AAI telah melaksanakan satu dari tiga pilar kebijakan pendidikan nasional, yakni per­luasan dan pemerataan akses pendidikan, selain tentu juga terus melakukan peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendi­dikan, serta penguatan tata kelo­lanya,” kata Andi saat me­nyam­paikan pidato rektor.

Rektor melanjutkan, untuk meningkatkan kualitas pem­belajaran, UNES-AAI selalu membenahi diri, di antaranya dengan meningkatkan kompetensi dosen, memperbaiki akreditasi program studi, dan melengkapi sarana dan prasarana kampus. Saat ini, kata rektor, lebih dari sepuluh dosen dikirim untuk studi S-3, baik di luar maupun dalam negeri.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP), Henry Mappesona, berpesan kepada wisu­dawan agar senantiasa men­jaga nama baik kampus dan me­ngaplikasi ilmu yang didapat selama kuliah di tengah ma­syarakat.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah X yang baru dilantik 23 November lalu, Herri, mengatakan bahwa para lulusan ini merupakan orang-orang ter­pilih. Hanya 10 persen ma­sya­rakat Indonesia yang berke­sempatan mendapatkan pen­didikan tinggi. Para wisudawan inilah nantinya yang akan mem­bangun bangsa ke depan menjadi lebih baik.